#akhirtahun Tumblr posts

  • innaramadani
    30.01.2022 - 3 monts ago

    Tulisan untuk kamu di akhir tahun 2021.

    Halo, kamu yang menulis catatan ini di akhir Bulan Desember tapi baru posting di akhir Bulan Januari.

    Aku harap suasana dan keadaanmu jauh membaik dari bulan lalu. Bulan yang penuh harap tentang bulan ini dan seterusnya. Perjalananmu masih panjang loh. Semoga masih diberi panjang, maksudku.

    Sekali lagi, aku ucap...

    Halo, kamu.

    Terima kasih sudah berhasil dengan sangat keren melewati beberapa tahun terakhir yang 'sedikit' menguras adrenalin.

    Biar susah tetap terasa asik karena akan selalu ada penghibur dalam sisa-sisa kepasrahan di tahun yang menjengkelkan.

    Bertahan saja.

    Sembari yakin kalau doa satu-satunya usaha paling lemah sekaligus senjata terhebat dimana Tuhan turun tangan langsung membantu hamba-Nya.

    Ingat, yang paling kuat hanya Tuhan. Sedangkan kamu, manusia biasa tak perlu gengsi untuk selalu (berusaha) terlihat kuat.

    Tahun-tahun berikutnya tetap berjalan dengan gagah dan chill meskipun kaki capek, penuh luka hingga terseok atau bahkan patah sekalipun.

    Kalau sulit lari ya jalan santai, kalau capek ya istirahat. Kalau tetap susah atau malas jalan ya ngesot saja. Apapun keadaannya, harus jalan terus sampai Tuhan bilang sudah waktunya berhenti. Jangan berhenti di tengah jalan dengan sembrono.

    Jangan menambah kesusahan sekitar hanya karena kelemahanmu menghadapi keadaan.

    Terus berbuat kebaikan, walaupun tidak berbalas baik sekalipun. Tuhan Maha Melihat, kebaikan pasti berbalas kebaikan dalam berbagai wujud dan rupa. Jangan fokus pada 'dibalas apa?'. Kalaupun terkesan sia-sia, coba alihkan cara pandang mata ke sudut lain untuk melihat. Mungkin angle-nya saja yang kurang pas.

    Tidak ada ujian yang akan cukup, tidak ada pula kesabaran yang akan habis. Sabar, kata klise paling nggapleki tapi yowes meh piye meneh. Menungso isoh opo?

    Oiyaaa, ujian akan selalu datang pada setiap manusia di muka bumi ini. Kamu nggak sesepesial itu sampai-sampai ujian dan masalah hanya mampir di hidupmu doang. Kita semua sama-sama sedang berjuang. Sama-sama pernah sakit, pernah lelah, bahkan hancur.

    Minta saja dipertemukan dengan orang-orang baik, yang bahkan tanpa meminta tolong pun digerakkan hatinya untuk menolong. Setidaknya dengan begitu dunia akan terasa jauh lebih baik.

    Sekali lagi, aku yakin kamu bisa bertahan, dengan dan atau tanpa siapapun. Karena cukup serahkan pada Tuhan yang masih ada dan memantau apa-apa yang kamu butuhkan, apa-apa yang kamu inginkan.

    Ujianmu memang untukmu, bukan untuk yang lain. Tentu, sepadan dengan batas kekuatanmu. Sandalmu sudah pas di kakimu, kalau pakai sandal lain mungkin bisa sempit atau kelonggaran. Jadi teruslah bertahan, berjalan, dan tenang saja.

    Dari,

    Aku yang menyayangimu dengan dan atau tanpa pamrih tergantung situasi.

    View Full
  • selebgramkaltim
    30.11.2021 - 5 monts ago

    Rekomendasi dong... Ets, lupa ya!!! g ad yg diajak🥲 #akhirtahun (di Menjelang Akhir Tahun) https://www.instagram.com/p/CW5lcr3pHWn/?utm_medium=tumblr

    View Full
  • vamm97
    08.01.2021 - 1 year ago

    Catatan Akhir Tahun 2020,di awal 2021.

    Sekarang saya sedang berada di dalam ruang kost yang ada di Kota Makassar, di luar sedang Hujan, seolah dunia bersedih untuk melepas tahun 2020 atau mungkin bersedih menyambut tahun 2021 dengan tantangan yang belum terselesaikan ditahun ini. Semoga dunia akan baik-baik saja dengan kedatangan 2021. Aminn.

    Wallah kenapa malah membahas dunia bersedih, kita Kembali ke topik awal “catatan akhir tahun”

    Karena ini catatan akhir tahun tentunya yang akan saya ceritakan adalah perjalanan selama 12 bulan di Tahun 2020. Waaauuu mau mulai bagaimana yah, perbulan atau per moment yang tak bisa dilupakan? Hihi, kalau tunggu jawaban pembaca jadi tulisan ini tidak ter-Up. Oke saya pilih menjelaskan perbulan saja yah biar lebih tertaur proses mengingatnya.

    Dalam menulis tulisan ini saya menggunakan arsipan story Instagram biar lebih detile proses mengingatnya, secara saya termasuk manusia yang suka mengabadikan kegiatan melalui story.

    Januari

    Bulan dengan segala kecerian karena masih baru-barunya, orang-orang baru pada membuat resolusi 12 bulan kedepan. Orang-orang masih sering salah menulis tanggal, belum move on mungkin yah. Januariku masih mengisahkan kebiasaan-kebiasaan di akhir tahun 2019, saya masih magang pada saat itu. Pada saat itu dibilang sedih juga tidak sih, tapi masih ada sedikit entah rasa bersalah, rasa kasihan, atau saya merasa korban, dari sisa-sisa hubungan masa lalu, hehe. Itu jujur sih, sesekali nangis dengan  sendirinya nda tau kenapa (cuarter krisis life kali yah) tapi seperti kata pepatah sesuatu akan hilang dengan sendirinya kalau tidak ada lagi pertemuan dan komunikasi. Saya menyibukkan diri dengan hal-hal positif, oh iya bulan ini juga lagi gencar-gencarnya persiapan CPNS, buat kelompok belajar lah, nonton youtubenya masih tentang CPNS juga, sampai sering-sering cari tryout gratis. Sapai akhirnya Januari berakhir.

    Sebelum berlanjut ke Februari, saya mau kusampikan juga bahwa Januari kala itu juga musim Dingin ☹ dan aku yang masih bertanya-tanya tentang apa yang terjadi pada diriku.

    Februari

    Sudah sangat dekat dengan Tes CPNS, dan saya harus persiapkan untuk berangkat ke Jakarta kala itu, iyah saya terlalu jauh berangkat untuk tes CPNS dan tetap saya tidak lulus. Tapi semuanya saya anggap cara tuhan untuk mewujudkan salah satu hal yang ingin kucapai dalam hidupku “keluar dari Pulau Sulawesi dan Naik Pesawat Terbang” terlihat biasakan, tapi itu mimpiku. Selain itu di Jakarta saya puas-puasin naik salah satu transportasi yang tidak ada di Sulawesi “kereta api”, terdengar sangat kampungan tapi dengan itu saya Bahagia karena telah mencoba hal baru dan menunjukkan banyak situasi Ibo kota Negeri ini.

    Jadi bisa dibilang Februariku menyenangkan dengan sebuah hal yang  kuimpikan terjadi dibulan ini. Sepulang dari Jakarta saya masih lanjut Magang di Kalla OTO. Beberapa hari kemudian tersebarlah informasi harus ekstra hati-hati karena ada virus yang berbahaya yang kita kenal COVID 19 sekarang.

    Pada Bulan ini juga ada hal baru yang kumulai. saya akhirnya memutuskan membuat Jasa Olah data yang kuberi nama @andat_aja123 Karena sebuh hal yang terjadi, sebuah impian sedari lama tapi tidak kumulai karena ada batas yang tak mampu ku lewati. Jadi mungkin  hal yang terjadi dan tidak bisa kusebutkan itu membuatku sakit tapi itu cara Tuhan untuk saya memulai salah satu mimpiku. Hemmm makasih Tuhankhuu.

    Dengan segala kebahagiaan yang kuperoleh bulan ini, masih saja ada sisilain yang bertanya-tanya tentang apa yang terjadi. Tapi untuk kisah masa lalu sudah hilang sih, sebut saja yang ku pertanyakan ini adalah kisah baru yang tidak perjnah kusangka ujungnya ada dibulan-bulan selanjutnya nantikan yah 😊

    Maret

    Bulan ketiga, apa yang terjdi yahhh.

    Oh iya dibulan ini saya menerimah sebuah permintaan untuk berkontrinbusi pada sebuah kegiatan. Saya bimbang kala itu karena beberapa pertimbangan kecocokan, meskipun pada akhirnya tidak ada pilihan selain mengatakan iya, kan vivi bucin hahaha. Sambil bersiap melaksanakan tanggungjawab tersebut saya memasuki masa-masa akhir Magang di Kalla OTO, memang kontrak sudah habis (tapi bulan-bulan sebelumnya biasanya di perpanjang) namun karena Situasi pada saat itu diterapkan untuk jaga jarak dan beberpa kebijakan lainnya sebagai solusi pemutus penyebaran rantai virus corona, saya Bersama teman-teman akhirnya benar-benar selesai magang. Pada saat itu dunia sangat gempar dengan kedatangan virus itu, sehingga saya tidak berusaha untuk mencari kerja saat itu dan saya memilih untuk pulang kerumah.

    Boleh jadi ini cara tuhan agar vivi bisa Pulang ke rumah kumpul sama orang tua dan merasakan yang namnya istirahat.

    Tidak banyak cerita di Bulan ini gegara corona hihi. Saya Masih sama dengan pertanyaan di diriku, iya masih belum kutemui. Next bulan selanjutnya

    April

    Bulan Kelahiranku, yang beberpa tahun terakhir pasti kusambut di tanah rantauan, Alhamdulillah di Tahun 2020 ini saya bisa berada dekat dengan keluargaku. Beberapa ucapan hadir dihari Ulang tahunku, dari teman-teman yang jauh ada yang romantic aa juga yang justru menimbulkan tanya baru, hahaha. Maafkan. Tapi terlepas dari semua itu saya sangat Bahagia bisa diberikan waktu Bersama orang tua dan kakak adek ponakan semuanya, ku anggap itu sebuah kesempatan romantic yang sudah lama ku nanti. Oh iya karena bosan dan ada sebuh hal yang ku impikan juga dari dulu tapi tidak dimulai mulai, akhirnya saya putuskan untuk memulainya, “aktif buat video untuk di Upload di channel youtube hehehe,,. Salah satu cara Tuhan lagi agar saya memulai mimpu yang sedari lama saya tunda. Alhamdulillah masih tetap kok sampai sekarang, sudah di subscribe belum? Hahah malah promosi. Pokoknya lagi bumingnya buat youtube dan Toktokan.

    Bulan ini semaki banyak hal yang bisa menjadi tanda, iya menjadi Tanda tanya besar di kepalaku, saya masih bingung.

    Bulan Selanjutnya Mei, Juni, Juli, Agustus.

    Kisah Bahagia di 4 Bulan ini di antaranya Bulan Ramadan full Bersama keluarga, tak ada yang pergi-pergi jauh, ahh romantic.

    Masih ingat dengan tanggung jawab yang pernah saya bilang di bulan sebelumnya kan itu tetap berjalan loh, Karena saya dikampunng saat itu jadi sering-sering melakukan rapat melalu wa, zoom, dan gmeet. Kadang bosan tapia da saja yang selalu buat hati terus Kembali, hihi mungkin karena 😊 apa hayo, canda saying. Karena tanggung jawab ini juga orang rumah sering heran dikirang bertengkar padahal rapat, ketawa aku mama. Dibulan-bulan ini juga saya sedang senang-senangnya ikut pelatihan dan tunggu insentif hihi melalui Kartu Prakerja.

    Intinya Saya Bersama Keluarga, Sibuk Buat Viseo unutk youtube, prakerja, Rapat Online, mimpiin orang-orang yang tidak perlu, dan Mencoba memahami semua maksud tuhan menghadirkan cobaan PANDEMI INI.

    Bulan Terakhir yang "ber"

    Aku perempuan yang percaya bahwa semua hal yang terjadi pasti ada Pula hal baik yang Tuhan ingin sampaikan kepadaku.

    3 Bulan berakhiran "ber" sebelumnya banyak memberikan kisah. Kisah yg apabila tidak bijak dilihat dan dipahami akan membuat hati sangat luka. Tapi aku memilih Bijak karena keyakinan yang kusampaikan lebih awal.

    September menawarkan tentang kisah piluh seorang perempuan yang tak sengaja Jatuh cinta. Apa yang salah dengan jatuh cintanya? Ia jatuh cinta pada seorang pria yang harusnya itu tidak boleh terjadi. Perempuan itu paham Makanya dengan segala pertimbangan perempuan itu akhirnya berani menyampaikan bahwa dia minta maaf karena telah tanpa sadar jatuh cinta. Perempuan itu cuma ingin menyelamatkan diri, membebaskan segala yang memenjarakan pikirannya, dan menghentikan semua pertanyaan yang mengganggu di kepalanya. Perempuan itu tidak meminta cinta lelaki itu, bukan karena tidak ingin, melainkan perempuan itu percaya bahwa semua yang ditakdirkan bersama akan dipertemukan. Tak tau kenapa Tuhan menyelamatkan ku dibulan September 🖤, kebranian yang sebelumnya kukira tidak akan pernah kumiliki, Tuhanku berikan. Ahh sangat bangga aku dijadikan perempuan dewasa, makasih Tuhanku.

    Oktober

    Masih Menawarkan kisah pilu setelah hati harus menguatkan diri untuk tetap lanjut setelah salah memaknai cinta.

    .

    Oktoberku seketika menjadi kelabu, bukan karena patah hati oleh seseorang, Sama sekali tidak. Jadi apa?

    Aku sedang berada dipuncak kekecewaan, pada mereka yang kuanggap adik.

    Kecewaku mungkin terdengar receh, alay, dan biasa saja. Tapi bagiku menjadi sangat penting karena tempat yang kucinta. Akupun tak bisa menjelaskan secara detail, yang kurasa telah memuncak Sampai tak tersisa kata untuk kugunakan bercerita.

    Kembali lagi harus bijak sana, kita hanya beda dalam hal mencintai dan cara mencintai, biarkan hal ini menjadi pembelajaran kedepan. 

    Aku sadar tidak semua orang pantas kita beri cinta. Begitupun cinta tidak datang dari semua orang.  

    Dipenghujung Oktober

    Allah menjawab doa dri awal Januari-ku, 10 bulan dengan doa yg sama, "Tunjukkan Padaku alasan yang tepat" Bahwa aku tak patut bersedih, Tuhan sedang menolong, Tuhan inginku belajar.Meski aku tak tahu apa yg terjadi besok, tapi sampai hari ini aku tahu aku sangat tertolong.Aku berterima kasih Untukmu yg tdk akan pernah mengerti bagaimana pahitnya pernah tak punya alasan untuk benar2 pergi. Namun Tuhan menjawabnya semua, dan hari ini sudah kutemukan alasan itu. 

    Novembersetelah September dan oktober, Bagaimana dengan November?

    Novemberku bercerita tenting Aku yang harus kembali bersabar karena tempatku bekerja punya kebijakan baru, dan saya memilih untuk berhenti. Yg juga berarti bahwa saya telah memilih untuk tidak memiliki pekerjaan tetap, pasti ada pilu Di hati, tapi saat itu aku memilih untuk tetap tabah dengan melihat banyaknya orang yg ternyata lebih kasihan dibanding aku, namun tetap bersyukur.Mereka yang harus kehilangan pekerjaan namun tanggungannya bukan hanya dirinya (Salah satu contohnya)Atas semua hal yang terjadi saya percaya Tuhanku yang maha atas segala2nya memiliki rencana yg baik untukku diwaktu yg akan datang.Sembari ku terus Berusaha semampuku aku menanti masa itu, Tuhan Khuu 🖤.

    Bagaimana dengan bulan berakhiran ber selanjutnya?   

    Desember hanya ingin kusimpulkan sebagai bulan memahami,

    memahami semua yang terjadi dibulan-bulan sebelumnya.

    Bulan benar-benar kembali pada diri sendiri, mengetahui apa keinginan sesungguhnya dan apa hal yang sebenarnya sangat ingin ku tinggalkan.

    Terima kasih 2020 atas semua hal baru yang kau tawarkan.  🖤 🖤 🖤

     "Selalu membuka untuk menampung pandangan dan kemudian memilih yang mana paling cocok untuk diterapkan. Jangan pernah menyalahka keadaan atas apa yang terjadi pada dirimu, karena bisa jadi itu adalah kesalahanmu dalam memilih dari sekian banyak pilihan. Kesalahan dalam memilih itu bisajadi karena kamu belum benar-benar paham atas dirim

    View Full
  • hanyamanusiabiasa
    02.02.2022 - 3 monts ago

    2019, Kehilangan Ayah pergi untuk selamanya tanpa melihatnya terakhir kalinya wajah ayah dr sekian tahun. Setelah beberapa bulan kepergian ayah, tepatnya bulan ramadhan lagi lagi Allah kasih cobaan untukku, kehilangan pekerjaan + difitnah dikerjaan

    Awal 2020 kehilangan seseorang yang aku kira rumah untukku berbagai cerita. Lagilagi Diselingkuhin. Setelah itu konflik sama keluarga, ditekan harus jadi ini harus jadi itu bahkan dibanding²kan dengan yang lebih sukses.

    Awal 2021, aku kira ini cara yang lebih tepat untuk jauh dr hiruk pikuk lingkungan. Pindah keluar kota, tinggal disalah satu anggota keluarga sekalian nemeni beliau yang lagi sakit. Lagi-lagi bukannya mendapati ketenangan malah makin drop, makin ga dianggap keluarga. Ditekan harus ini ditekan harus sehat dan blabla

    Maret 2021 ketemu seseorang yang aku kira dia bisa melepas duka dan luka ku, nyatanya dia pula yang buat makin terluka hingga akhirnya memutuskan untuk tidak percaya kepada siapapun.

    April 2021 wajah lagi lagi tak kunjung sembuh, malah jadi break out parah Uda coba berobat kesini, pakai skincare ini dan itu sama aja nihil.

    Hingga sampai akhir tahun tidak tahan tinggal dikota orang memutuskan kembali, lagi-lagi dibuat ga percaya diri. Takut buat ketemu orang, takut bersosialisasi, bahkan beberapa temen² bilang aku cuek dan dingin padahal dulu bukan sosok yang seperti itu.

    Akhirtahun coba memberanikan diri ngelamar pekerjaan ke sana kesini dan nihil. Bahkan sebelum dtg aja Uda berfikir yang aneh-aneh pdahal belum terjadi. Hingga terjadilagi kurangnya rasa percaya diri

    Lagi lagi dimatikan oleh rasa takut, rasa percaya diri hilang dan trauma.

    Ya Allah, sampai kapan ini berakhir. Rasanya lelah tapi aku sadar ada yang lebih menyedihkan lagi kisahnya dr pada aku 🥲

    Ya Allah, berilah aku rasa sabar yang luas, rasa ikhlas dan kuat untuk bertahan melewati segala cobaan dan proses hidup ini.

    Ya Allah berilah rasa percaya diriku lagi kembali lagi, hilangkanlah rasa takut dan trauma dalam diriku.

    Ku mohon 🥺🤲

    View Full
  • liputan4
    21.12.2021 - 4 monts ago

    Genjot faksinasi Diakhir Tahun Puskesmas Baebunta Kab Luwu Utara Lakukan lni

    Genjot faksinasi Diakhir Tahun Puskesmas Baebunta Kab Luwu Utara Lakukan lni

    Luwu utara Liputan4.com Upaya terus dilakukan Tim medis kesehatan Puskesmas baebunta genjot faksinasi akhirtahun dengan capaian 20 persen dari jumlah yang ada Menurut keterangan Hairul Muslimin, SKM .Selaku kepala puskesmas Sabbang saat dikonfirmasi tim media Liputan4.com di ruang kerjanya selasa 21/12/2021 terkait program pemerintah dengan capaian 70 persen diakhir tahun memaparkan saat ini Kami…

    View On WordPress

    #Vaksinanasi akhir tahun
    View Full
  • dewi-absensi
    14.12.2021 - 5 monts ago

    🌟 KAMU WAJIB TAHU 🌟

    Ini dia jawabannya , KENAPA KAMU HARUS PAKAI Fingerspot.iO..

    Sedikit minFIN bagi tentang alasan paling mendasar kamu harus pakai FiO. Baca sampai habis ya. 😘

    📲 Pertama , Fingerspot.iO merupakan absensi yang flexible memudahkan kamu dalam melakukan scan. Ga cuma dari mesin absensi tapi kamu juga bisa scan kehadiran langsung di ponsel.

    📲 Kedua , Pakai Aplikasi FiO kamu akan lebih mudah dalam pengajuan ijin sekaligus approval pengajuan ijin kerja secara online langsung di ponsel.

    📲 Ketiga , Proses Slip Gaji Karyawan secara online, Karyawan terima Slip Gaji langsung di Aplikasi FiO. Mudah dan Paperless.

    Masih banyak lagi alasan lainnya yang bakal bikin kamu jatuh hati sama Fingerspot.iO. BURUAN DAFTAR GRATIS FIO SEKARANG.

    Nikmati Diskon Besar PROMO AKHIR TAHUN

    #sale #december #natal #nataru #endyearsale #newyearsale #akhirtahun #promo #superpromo

    View Full
  • hihellolea
    31.12.2020 - 1 year ago

    Ditahun 2020 ini, Banyak bertemu dengan beberapa orang baru dan orang-orang yang sudah lama kenal dihidup gue. Berbincang, tertawa, tangis. Kemudian saling membahu dengan cara nya masing-masing, saling mengingatkan, saling merenung dengan kontemplasi masing-masing.

    Bersyukur bisa bertemu hikmah dan pelajaran dari orang-orang tersebut. Bisa saling bertukar pikiran, saling menceritakan pengalaman dalam jajakan masing-masing, dan mau mendengar keluh kesah dan kebahagian satu sama lain.

    Walaupun diera serba kebingungan dan penuh dengan kehectic-an, ngga sertamerta memposisikan kata hiperbola "roda sedang di bawah". Justru dengan itulah, saling menguatkan dan saling mendoakan adalah salah satu kunci kekuatan demi terciptanya kewarasan diri.

    View Full
  • maradusk
    31.12.2020 - 1 year ago

    366 of 366

    This year is so wonderfull, terlalu banyak suka duka yang silih berganti. Meninggalkan makna dalam bagi setiap orang, luka yang menjadi pelajaran, suka yang menjadi pembakar semangat.

    Meskipun tahun ini terasa sulit, nyatanya masih banyak hal baru yang bisa membuat bertahan. Saling menguatkan satu sama lain, semakin dekat kepada yang selama ini jauh. Semakin mencintai apa yang telah dimiliki dan menjaganya erat agar tidak lepas dan hilang.

    Selalu yakin setiap ada kssulitan pasti akan selalu ada kemudahan. Tetap optimis dan pantang menyerah apapun keadaan yang menimpa.

    Hope next year become a wonderfull year too like this year and all of us find happiness.

    View Full
  • sazzadiyatan
    31.12.2020 - 1 year ago

    Tahun Penuh Perjuangan-2020

    jadi ceritanya mau nulis memori tahun yang begitu spesial ini, ya sebagai dokumentasi bagi pribadi maupun untuk dibaca siapapun dan mungkin anak-anak saya nantinya (aminnn with loudly voice) atau bagi kamu yang kepo dan sering stalking saya karena saya hanya aktif di tumblr.

    saat memasuki tahun 2020 saya kira tahun ini akan begitu indah, sesuai rencana waktu itu berniat akan giat mengerjakan tesis, dan bisa wisuda di bulan Desember kemudian menjadi saya yang dulu pergi pagi pulang malam karena bekerja, yang tidak bisa saya kerjakan saat memutuskan menjadi mahasiswa kembali.

    Januari dan Februari Sebelum Mbak Coro datang menghampiri

    Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya)....(QS.At-Thalaq:3)

    saya membuat beberapa list untuk dilakukan demi menyelesaikan tugas akhir sesuai planning, mengajukan judul dengan drama nyari jurnal internasional harapannya ketika pengajuan bisa menjawab pertanyaan killer bapak KaProdi dengan lancar dan alhamduliilah disetujui, lanjut drama proposal tesis, lalu proses perizinan ke lembaga untuk penelitian, maklum karena terbiasa penelitian studi lapangan. dengan optimis akan mendapatkan perizinan penelitian dengan mudah. lalu dengan kemurahan Allah semua itu berhasil didapatkan.

    Maret hingga Juli (Rencana Allah pasti lebih indah bagi hamba-Nya)

    dan sesungguhnya hanya Dia, Allah yang dapat membuat seseorang tertawa atau menangis.(An-Najm, 53: 43)

    perasaan bahagia membuncah di hati saya, ketika seluruh proses begitu Allah mudahkan, kemudian ditengah tengah berjuang mengerjakan tesis, duarr wali kota Solo tempat saya merantau mengumumkan KLB (Kejadian Luar Biasa) karena ditemukan kasus perdana covid-19. saya masih berkhusnudzon waktu itu, karena kampus diliburkan sementara sembilan hari. pikir saya ah cuman beberapa hari dan pasti semuanya membaik. namun Allah berkehendak lain hingga satu bulan sejak diberlakukannya KLB, kondisi makin memburuk dan semua kegiatan belajar mengajar diberlakukan secara online, sehingga proses bimbingan tugas akhir sangat sangat tidak kondusif.

    hingga tiba saatnya saya mengunjungi salah satu lembaga yang menjadi objek penelitian saya untuk memulai mengumpulkan data. namun qadarullah salah satu pimpinan menolak penelitian saya. hati saya hancur kala itu merasa semua perjuangan saya sia-sia, dan berpikir apa saya menyerah saja dengan penelitian ini dan mengganti topik dan harus mengulang dari awal. tapi beberapa teman menyarankan saya untuk mengganti tempat penelitian dan alhamdulillah semuanya dimudahkan, dosen pembimbing seolah memahami kesulitan kami di tengah pandemi dan memberikan kami sedikit kelonggaran sehingga pergantian tempat penilitian disetujui tanpa banyak drama.

    Agustus hingga Desember (Perlahan Bangkit dari keterpurukan)

    Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Al Insyirah, 94: 5) 

    proses pengumpulan data memang tidak mudah apalagi di tengah pandemi, sekolah dilaksanakan dirumah, narasumber dan informan sangat sulit dimintai waktu untuk melaksanakan wawancara dan observasi. kalau saja tidak dengan bantuan Allah mustahil hingga detik ini saya masih bertahan menuntaskan tugas akhir ini.

    sunggu tahun ini merupakan masa dimana saya belajar “tak apa kamu jatuh, tak apa kamu sedih, tak apa kamu berguling-guling. namun ingat cukup sejenak dan kemudian bangkit kembali. jujur sebenarnya saya lelah dengan kondisi seperti ini rasa-rasanya semuanya begitu sulit dan rumit. namun saat saya menyadari bahwa apa yang saya rasakan dan saya alami tidak seberat yang dialami oleh orang lain. permasalahan saya mungkin hanya sebatas begitu banyaknya rintangan dalam menyelesaikan tugas akhir. namun di luar sana banyak orang yang kehilangan pekerjaan, kehilangan kesempatan, kehilangan moment berharga hingga kehilangan orang tersayang saat pandemi melanda. lalu dalam hati berkata aku harus meluaskan lebih banyak syukur karena selama ini nikmat dari-Nya tak terukur.

    perlahan saya bangkit dan menyadari saya harus berjuang, berikhtiar dan bertawakkal. setidaknya kita sudah berusaha bukan, untuk hasilnya serahkan kepada yang Maha Kuasa. semoga Dia mengijabah setiap harapan yang terpanjat dan nantinya menghadirkan senyuman yang merekah

    Kartasura, 31 Desember 2020, ditengah menunggu revisi bab IV, dan semoga Allah memudahkan segala prosesnya.

    View Full